Teknik Pemasangan Fitting Pipa Paling Simpel!

 


Memasang fitting pipa bisa dibilang merupakan pekerjaan yang cukup mudah bagi yang terbiasa melakukan kegiatan perpipaan. Namun untuk yang belum memahami pekerjaan ini, jika ingin mencoba memasang pipa dan sambungannya tentu harus tahu triknya.

Anda harus memahami langkah-langkah yang tepat ketika memasang pipa dan fitting pipa. Tentu saja, hal ini ada fungsinya yaitu membuat pemasangan instalasi pipa air di rumah bisa lebih sempurna. Jika pemasangan pipa sudah disempurnakan, maka sambungan pipa tidak akan mudah bocor ataupun rusak. 

Lalu apa saja langkah-langkah yang tepat dalam pemasangan pipa dan sambungannya?

    Persiapan Alat

  Yang pertama sekali harus diperhatikan tentu saja sebelum memasang pipa dan sambungannya Anda harus mempersiapkan peralatan. Di sini terutama yang harus disiapkan adalah pipa PVC. PVC sendiri merupakan pipa paralon yang umumnya dipakai untuk saluran air bersih maupun pembuangan. Pipa ini selain elastis juga banyak digunakan karena harganya murah jika dibanding pipa besi yang mahal dan juga mudah terkena korosi. Sesudah pipa anda tentu harus menggunakan fitting pipa PVC, lem pipa, amplas dan kain bersih.

      Mengamplas pipa

    Melakukan pengamplasan ini bertujuan agar ujung pipa yang akan di amplas punya bentuk yang lebih rata dan juga pasar agar proses pemasangannya dengan sambungan pipa lebih kuat. Untuk pengamplasan pipa besar bisa dilakukan beberapa kali agar permukaannya rata, sementara pada pipa kecil pengamplasan dilakukan tidak boleh terlalu lama. Setelah di amplas maka pipa harus dibersihkan dulu dengan kain bersih. Proses pembersihan ini juga agar menghilangkan kotoran atau debu dari pipa supaya nanti perkataan pipa dan sambungannya bisa lebih mudah dilakukan.

      Penggunaan lem pipa

     langkah selanjutnya tentu saja pemasangan pipa dan fitting pipa SNI menggunakan lem. Cara pengaplikasiannya yang benar yaitu oleskan terlebih dahulu lem pada sambungan pipa, lalu kemudian oleskan juga pada ujung pipa yang akan disambung.  Rekatkan keduanya sekeras mungkin dan lebih cepat agar sambungan lebih menempel sempurna. Anda harus tahu bahwa sifat dari lem pipa adalah solvent cement yang artinya menyewakan antara pipa dan sambungannya. Selain itu sifat dari lem pipa ini juga sangat mudah kering dan warnanya transparan.  Dalam pemilihan lem pipa sendiri Anda harus menemukan dari merk terbaik supaya instalasi pipa air lebih awet dan tidak mudah mengalami kebocoran atau air yang merembes.

 

Jadi itu tadi beberapa tips dalam memasang fitting pipa yang sesuai dengan standar instalasi pipa air. Yang tentu saja hal tersebut bisa meminimalisir tingkat kebocoran dan kerusakan pipa pada umumnya. Untuk menemukan produk fighting terbaik Anda bisa memilih dari merek Rucika. Rucika sendiri merupakan produsen perpipaan Indonesia yang sudah ada ada sejak 40 tahun lalu. Rucika hadir memenuhi kebutuhan produk pipa di Indonesia dengan kualitas nomor satu khususnya untuk pipa PVC. Selain PVC, saat anda berkunjung ke blognya www.rucika.co.id anda akan tau jika Rucika juga menghadirkan produk perpipaan lainnya seperti sambungan pipa, lem pipa hingga produk pipa untuk saluran air panas dan dingin. Untuk saluran air panas dan dingin, Rucika punya istilah sendiri pada produk perpipaannya yaitu Kelen Green. Anda tenang saja semua produk perpipaan dari Rucika sudah memiliki standar SNI, jadi sangat aman digunakan untuk instalasi pipa air maupun manfaat lainnya. Karena seperti diketahui untuk pipa paralon, tidak hanya dipergunakan sebagai pipa air saja tapi juga fungsi lainnya seperti misalnya sebagai pelindung listrik, kerajinan tangan dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar untuk "Teknik Pemasangan Fitting Pipa Paling Simpel!"