Berikut Beberapa Daerah di Indnesia Penghasil emas Terbanyak, Simak!




 Negara kita Indonesia memang dikenal dunia sebagai negara yang dianugerahi kekayaan alam tak terhingga. Beberapa diantaranya adalah minyak, batu bara, emas dan sebagainya. Kali ini kita fokus untuk membahas emas. Di mana emas sudah memiliki berbagai jenis, seperti emas Antam yang berbentuk kartu. Keunikan tersebut membuat orang bertanya-tanya, bagaimana cara beli emas Antam?

Namun yang akan kita bahas kali ini yaitu beberapa daerah di Indonesia penghasil emas terbanyak. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

Tahukah kamu bahwa terdapat beberapa negara penghasil emas dan diantara negara tersebut adalah negara Indonesia. Menurut laporan Forbes pada tahun lalu, negara yang menghasilkan emas terbesar di dunia pada tahun 2022 adalah China degan total prodksi mencapai 368,3 ton. Posisi kedua sampai kesepuluh yakni, Rusia, Australia, Amerika rika, Kanada, Ghana, Brasil, Uzbekistan, Meksiko, Indonesia.

Hal terebut tentunya membuat kita bangga sekaligus bersemangan untuk menjadikan negara Indonesia sebagai negara maju. Pasalnya tidak banyak negara yang dikaruniai kekayaan alam salah satunya emas.

1.      Mimika (Papua)

Di posisi pertama sebagai daerah yang menghasilkan emas terbanyak yaitu Mimika, Papua. Daerah ini juga menjadi penghasil tambang emas terbesar yang ada di Indonesia. Di mana pertambangan tersebut dipegang oleh PT Freeport Indonesia, yang mana PT Freeport Indonesia mampu mengasilkan 240 kg emas murni. Bagaimana, menakjubkan bukan?

2.      Sumbawa (NTB)

Daerah berikutnya datang dari Nusa Tenggara Barat, teparnya di Sumbawa, yang mana Sumbawa menjadi salah satu pertambangan emas terbesar di Indonesia. Selain itu, daerah ini juga menjadi tempat penambangan Batu Hijau. Sumbawa, mampu menghasilkan emas mentah mencapai 2,77 juta ons. Tidak heran banyak negeri tetangga yang tergiur dengan hasil bumi dari Sumbawa.

3.      Gosowong (Maluku Utara)

Berlanjut ke daerah berikutnya yaitu Gosowong, Halmahera Utara, Maluku Utara. Yang manad daerah ini menjadi salah satu tempat pertambangan terbesar yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, daerah ini mampu menghasilkan 20 juta ons bijih emas.

Pertambangan yang ada di Gosowong ini dikelola sepenuhnya oleh Badan Usahan Milik Negara (BUMN), lebih tepatnya PT Aneka Tambang (Antam).

4.      Pujon (Kalimantan Tengah)

Daerah berikutnya datang dari Kalimantan Tengah tapatnya di Desa Pujon. Yang mana daerah ini dikenal sebagai penghasil emas terbesar di Indonesia. Bukan main, daerah ini bahkan sering mendapat julukan sebagai Desa Emas. Bukan tanpa alasan, melainkan daerah ini memang memiliki banyak bijih emas.

Yang lebih mengesakan lagi, daerah ini memiliki emas yang diperkirakan tidak akan habis digunakan untuk beberapa puluh tahun mendatang. Wah, menakjubkan sekali bukan?

5.      Tujuh Bukit, Jawa Timur

Beralih ke pulau Jawa, tepatnya di daerah Tujuh Bukit, Jawa Timur. Daerah ini menjadi salah satu tempat pertambangan emas terbesar di Indonesia. Selain itu, daerah ini memiliki cadangan mineral mencapai 1,9 miliar ton dan 28 juta ons diantaranya adalah emas.

Pertambangan emas yang berada di Jawa Timur ini dikelola sepenuhnya oleh PT Bumi Suksesindo). Yang mana perusahaan tersebut sudah mulai beroperasi sejak tahun 2016 lalu.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa daerah di Indonesia penghasil emas terbanyak. Sebagai warga negara Indonesia tentunya kita harus memiliki rasa bangga akan hal tersebut dan mudah-mudahan informasi di atas dapat 

Tidak ada komentar untuk "Berikut Beberapa Daerah di Indnesia Penghasil emas Terbanyak, Simak!"