Pahami Terlebih Dahulu Apa Itu Bandwith

 

cek bandwidth

Bandwidth merupakan jumlah maksimal pengiriman yang bisa dilakukan pada saat proses pertukaran data. Saat membahas topik tentang VPS ( Virtual Private Server) pasti kita mendengar sitilah Bandwidth. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian bandwidth, cek bandwidth pada website. Perlu Anda pahami bahwa bandwidth yang akan dibahas di artikel adalah bandwidth yang ada di internet.

Definisi Bandwidth Internet?

Bandwidth adalah kapasitas trafik internet pada kabel Ethernet dengan maksimal tertentu. Bila diibaratkan Bandwidth adalah jalan raya lebar, Sedangkan data yang masuk melewati bandwidth diibaratkan kendaraan yang melintasi jalan tersebut. Semakin sedikit kendaraan yang lewat maka lalu lintas akan semakin lancar. Dan kebalikannya. Semakin besar Bandwidth maka semakin kencang pula pertukaran data.

Pengertian lain dari bandwidth internet adalah jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan waktu bit per second (bps).

Jadi bandwidth internet merupakan kapasitas maksimal jalur komunikasi untuk melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik.

Terdapat juga istilah Bandwith Analog. Bandwidth Analog adalah perbedaan antara frekuensi paling rendah dan frekuensi paling tinggi pada suatu rentang frekuensi yang dapat diukur dengan satuan Hertz (Hz) untuk mengetahui data atau informasi yang dapat ditransmisikan pada suatu waktu.

Bandwidth untuk Sebuah Website?

Bandwidth pada website anda tergantung dengan apa saja kebutuhan  anda. Semakin tinggi intensitas interaksi yang terjadi di website Anda, maka semakin tinggi juga bandwidth yang Anda perlukan Akan tetapi, tentu saja Anda juga perlu menyesuaikan dengan anggaran keuangan perusahaan. Biasanya, bila kebutuhan website Anda masih dalam tahap awal dan trafficnya pun masih tergolong kecil, maka bandwidth dengan kecepatan rendah masih cukup untuk Anda gunakan. Akan tetapi, apabila Anda mempunyai kebutuhan website yang lancar dengan traffic yang tinggi dan juga untuk keperluan pengembangan Anda, Anda membutuhkan bandwidth dan juga storage yang cukup besar. Dengan begitu, kapasitas server yang besar juga akan Anda butuhkan.

 

Tidak ada komentar untuk "Pahami Terlebih Dahulu Apa Itu Bandwith"