Mengenal Jerawat Pustula, Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Jerawat Pustula

Jerawat menjadi masalah kulit menyebalkan karena dapat menurunkan rasa percaya diri. Dari banyaknya jenis, jerawat pustula menjadi salah satu jerawat meradang yang dipenuhi nanah dan dapat meninggalkan luka parut dalam.

Jerawat jenis ini dapat dialami oleh siapa saja, namun umum terjadi di kalangan remaja hingga dewasa muda. Pasalnya di rentang usia tersebut, seseorang tengah mengalami perubahan hormonal yang memicu jerawat.

Lantas bagaimana bentuk dari jerawat jenis ini, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengobatinya? Pada artikel berikut akan membahas lengkap terkait jerawat nanah ini, simak penjelasan lengkapnya.

 

Pengertian

Pustula merupakan benjolan kecil di permukaan kulit berisi nanah, sehingga kerap disebut dengan jerawat nanah. Jerawat ini umumnya berukuran lebih besar dengan bagian ujung berwarna keputihan sementara kulit di ada bercak kemerahan.

Jerawat ini biasa berada di wajah namun tak jarang pula ditemukan di area tubuh lain yang cenderung berminyak, seperti area punggung dan dada. Selain itu pustula biasanya ditemukan berkelompok di area tubuh yang sama.

 

Penyebab

Penyebab umum pustula karena ketidakseimbangan hormon khususnya kalangan remaja serta dewasa muda atau selama kehamilan, menopause, pubertas, dan diet. Jerawat satu ini terbentuk karena kulit meradang akibat dari alergi terhadap lingkungan, makanan, hingga gigitan serangga.

Jerawat pustula berkembang saat dinding pori yang terkena mulai rusak, lalu muncul noda merah di kulit yang membengkak. Sel darah putih akan berkumpul, lalu membentuk nanah untuk melawan infeksi dari bakteri yang masuk ke pori-pori.

Selain karena ketidakseimbangan hormon, pustula juga bisa terjadi karena faktor genetik. Jerawat jenis ini juga dapat diatasi dengan obat-obatan, namun apabila kondisinya cukup parah maka dokter mungkin akan melakukan tindakan seperti operasi.

 

Cara Mengobati

Apabila dokter telah mendiagnosis tingkat keparahan pustula yang dialami tiap-tiap individu, umumnya mereka lantas merekomendasikan sejumlah pilihan pengobatan. Berikut beberapa cara pengobatan pustula, diantaranya :

1.       Obat Topikal Jerawat

Obat topikal jerawat merupakan salah satu jenis pengobatan yang kerap direkomendasikan dokter dalam mengatasi jerawat tak terkecuali pustula. Perawatan ini tersedia dalam beragam bentuk seperti krim, losion, gel, hingga pembersih wajah.

Obat ini dapat diperoleh secara bebas ataupun dengan menggunakan resep dokter. Beberapa senyawa aktif yang terkandung di dalam obat jerawat ini diantaranya asam salisilat, benzoil peroksida, keratolitik, dan retinoid.

2.       Pengobatan di Rumah

Untuk mempercepat proses pemulihan, pengobatan di rumah juga dapat dilakukan untuk mencegah jerawat datang kembali. Berikut ini perilaku yang dapat membantu mengobati jerawat pustula, diantaranya :

l  Rutin mencuci wajah setidaknya dua kali sehari dengan sabun lembut.

l  Pilih pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

l  Batasi penggunaan kosmetik berbahan dasar minyak.

l  Hindari memencet jerawat agar lapisan kulit tidak rusak dan berbekas.

l  Oleskan lidah buaya di area jerawat guna mengurangi peradangan.

 

Artikel hiburan tentang penyebab dan cara mengatasi jerawat pustula di atas semoga dapat membantu, terlebih bagi Anda yang sedang mengalami kondisi jerawat tersebut.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Jerawat Pustula, Penyebab dan Cara Mengatasinya"