Cara Cek Sendiri Saluran Pipa Air yang Bocor di Rumah Sebelum Memanggil Teknisi

 

produk valve

Saluran air yang baik dan sehat tentu sangat penting bagi setiap rumah. Meski bisa diteliti lebih jauh dari kondisi pipa saluran air utama yang mengaliri air di lingkungan rumah Anda, seperti penggunaan bahan baku saluran pipa hingga penggunaan produk valve yang dipakai, kondisi darurat kebocoran pipa di dalam rumah bisa saja terjadi sewaktu waktu. Apalagi disaat darurat, kondisi kebocoran pipa instalasi air di dalam rumah bisa menyebabkan beberapa kendala yang tentunya tidak Anda harapkan.

Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah pencegahan seperti banyak berkonsultasi dengan teknisi yang menginstalasi saluran pipa saat proses pembangunan rumah hingga memilih untuk menggunakan instalasi pipa yang kokoh dan berkualitas. Namun jika sudah terjadi kebocoran, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya, apa saja? Yuk kita simak bersama.

       Memahami denah jalur instalasi pipa di dalam rumah

Meski langkah ini seharusnya dilakukan saat awal proses pembangunan rumah, namun tidak ada kata terlambat untuk memahami denah instalasi saluran air di rumah. Saat kondisi mendesak, cek segera denah jalur instalasi pipa agar Anda bisa meraba jalur kebocoran dengan baik. Umumnya, titik yang rawan bocor maupun rembes adalah area sambungan, maka fokuslah pada jalur sambungan tersebut dan cek apakah ada rembesan air di sekitarnya.

       Mengidentifikasi lokasi kebocoran

Selanjutnya, jika Anda sudah dapat memahami denah jalur instalasi, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi lokasi kebocoran dan segera menginformasikannya ke teknisi yang nanti akan memperbaiki kebocoran. Pada kondisi ini, Anda terpaksa harus membongkar area kebocoran dengan menggunakan palu ataupun bor. Jangan gegabah, diskusikan hal ini dengan teknisi yang bertugas agar tindakan pembongkaran tepat sasaran dan juga tidak merusak area dinding disekitarnya.

       Matikan meteran air utama

Jika sudah siap untuk memperbaiki kebocoran pipa, tentu hal yang harus Anda lakukan adalah mematikan meteran air utama di rumah Anda atau menutup tangki air sehingga dapat dipastikan aliran air tidak akan meluap dan mengalir deras saat akan diperbaiki. Mengingat proses perbaikan pipa membutuhkan waktu yang tidak sedikit, jangan lupa infokan kondisi ini kepada penghuni rumah, ya.

 

Itu dia beberapa hal yang harus dilakukan saat hendak melakukan pengecekkan terhadap kondisi saluran pipa air yang mengalami kebocoran di rumah. Kuncinya adalah jangan panik dan fokus pada tindakan antisipasi yang bisa meminimalisir risiko kebocoran yang lebih parah. Selain itu, untuk menghindari kondisi ini, ada baiknya Anda segera mengecek berbagai denah jalur instalasi, tidak hanya air namun juga listrik dan yang lainnya. Terkait dengan kebutuhan reparasi, pastikan Anda menggunakan jasa reparasi yang terpercaya dan mengenal dengan baik titik instalasi air yang terpasang di dalam dinding kamar mandi, dan jangan lupa luangkan waktu untuk mengecek proses perbaikannya, ya.

Tidak ada komentar untuk "Cara Cek Sendiri Saluran Pipa Air yang Bocor di Rumah Sebelum Memanggil Teknisi"