Perkembangan Bayi 5 Bulan dan Stimulasi yang Bisa Diberikan

 

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Si mulai memasuki usia 5 bulan? Pasti Anda melihat ada banyak perubahan yang terjadi pada kemampuannya. Di usia 5 bulan, bayi mengalami perkembangan yang pesat. Apalagi usia tersebut merupakan usia untuk menuju penambahan nutrisi berupa makanan padat. Sebelum memberikan makanan padat di usia 6 bulan, Anda perlu mengetahui perkembangan bayi usia 5 bulan. Simak artikel ini untuk mengetahui perkembangan bayi 5 bulan dan stimulasinya!

Perkembangan Bayi 5 Bulan di Berbagai Aspek

Langsung saja, inilah perkembangan yang terjadi pada bayi 5 bulan di berbagai aspek:

1. Perkembangan Fisik

Aspek pertama yang perlu dipantau ketika Si Kecil memasuki usia 5 bulan adalah perkembangan fisik. Pada usia 5 bulan, bayi mengalami penambahan berat badan kurang lebih 0,5 kilogram dari usia sebelumnya.

Rata-rata bayi 5 bulan memiliki berat badan 6-9,5 kilogram untuk bayi laki-laki dan 5,5-9 kilogram untuk bayi perempuan. Jika berat badan Si Kecil di bawah atau atas angka tersebut, Anda perlu konsultasi ke dokter.

Selain itu, perkembangan fisik juga berhubungan dengan kemampuan motorik kasar dan halus. Bayi usia 5 bulan sudah bisa melakukan banyak hal seperti menggenggam dengan lebih kuat, berguling, koordinasi mata dan tangan, dan lain-lain.

2. Perkembangan Kognitif

Beralih ke perkembangan kognitif yang membantu kemampuan belajar di masa sekolah nanti. Pada usia 5 bulan, bayi sudah sangat tertarik pada objek tertentu misalnya mainan atau lainnya. Biasanya bayi akan tertarik pada benda dengan bentuk dan warna mencolok.

3. Perkembangan Sosial

Perkembangan bayi 5 bulan selanjutnya dari aspek sosial. Aspek ini ditandai dengan kemampuan berinteraksi dengan orang sekitar. Bayi sudah mulai memberikan reaksi pada orang lain misalnya tersenyum, mengeluarkan suara gembira, dan lain-lain.

Selain itu, bayi juga mulai bisa memberikan respon terhadap emosi. Ia menunjukkan ekspresi seperti sedih, senang, takut, malu, bosan, dan lain-lain.

4. Perkembangan Komunikasi

Terakhir adalah aspek perkembangan komunikasi yang sudah bisa dilakukan bayi 5 bulan. Bayi usia 5 bulan biasanya sudah mulai mengeluarkan banyak suara atau babbling. Meskipun memang umumnya ucapan yang keluar belum ada maknanya. Stimulasi yang tepat bisa mengasah kemampuan komunikasi bayi.

Stimulasi untuk Tumbuh Kembang Bayi 5 Bulan

Perkembangan Si Kecil di usia 5 bulan bisa Anda maksimalkan dengan stimulasi yang tepat, berikut di antaranya:

1. Ajak Ngobrol

Stimulasi pertama bisa membantu kemampuan komunikasi dan bicara bayi. Sering-seringlah mengajak Si Kecil untuk mengobrol. Bayi akan mendengarkan apa yang Anda ucapkan meskipun belum bisa memberikan respon berupa kata-kata.

2. Melatih Duduk

Pada usia 5 bulan bayi akan mulai belajar duduk. Anda bisa melatih Si Kecil duduk dengan memberikan sandaran. Apabila duduknya mulai tegak, Anda bisa mencoba melepaskan tapi jangan terlalu jauh dari bayi.

3. Memberikan Mainan

Ada beberapa pilihan mainan yang bisa diberikan pada bayi usia 5 bulan. Beberapa pilihannya seperti teether, mainan musik, cermin mainan, rattle, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Popok yang Tepat untuk Bayi 5 Bulan

Selain mengetahui perkembangan bayi 5 bulan, Anda juga perlu mengetahui popok yang tepat untuk Si Kecil. MAKUKU SAP Diapers merupakan merk popok yang paling direkomendasikan untuk bayi. Ukurannya lengkap mulai dari NB sampai dengan XXL.

Selain itu, fiturnya juga beragam. Fitur paling unggul adalah struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) bukan PULP. Keunggulan lain dari MAKUKU SAP Diapers yaitu anti gumpal, tidak bocor, super tipis, super nyerap, memiliki permukaan rongga udara, dan memiliki belly button u shape. Jangan ragu memilih MAKUKU untuk yang terbaik bagi Si Kecil!

Tidak ada komentar untuk "Perkembangan Bayi 5 Bulan dan Stimulasi yang Bisa Diberikan"