Waspada Keterlambatan, Pantau Bayi 2 Bulan Bisa Apa!

 

Bayi 2 Bulan Bisa Apa

Pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah hal kompleks yang harus dipantau setiap orang tua. Pada umumnya, bayi tidak mencapai milestone pada waktu yang sama. Artinya bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Ada yang duduk dulu baru merangkak, atau sebaliknya. Meskipun begitu, Anda perlu memantau bayi 2 bulan bisa apa untuk mewaspadai keterlambatan perkembangan.

Bayi bisa mengalami keterlambatan perkembangan di berbagai aspek seperti bahasa, kognitif, motorik kasar, motorik halus, dan lain sebagainya. Keterlambatan bisa terjadi di satu aspek atau beberapa aspek sekaligus. Artikel ini membahas mengenai kemampuan bayi 2 bulan dan hal-hal yang perlu Anda waspadai.

Perkembangan Bayi 2 Bulan Bisa Apa?

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa bayi 2 bulan lakukan?

1. Mengenali Suara

Ketajaman pendengaran bayi usia 2 bulan semakin meningkat. Salah satu tandanya yaitu merespon suara dengan senyuman. Selain itu, bayi juga sudah bisa membedakan suara asing dan suara yang akrab di telinga seperti orang tua, kakak, dan lain-lain. Bila ada yang mendekat, bayi akan mencari arah datangnya suara.

2. Melihat Lebih Jelas

Selain pendengarannya, penglihatan bayi juga sudah semakin jelas. Bayi tidak hanya bisa melihat warna hitam putih saja, namun bisa melihat lebih banyak warna serta bentuk. Beberapa warna primer sudah bisa dibedakan seperti merah, kuning, dan biru. Selain itu, bayi juga mengenali wajah orang terdekat seperti ayah, ibu, dan kakak.

3. Mengangkat Kepala

Bayi 2 bulan bisa apa lagi? Pada usia ini, bayi umumnya sudah bisa mengangkat kepala saat ditengkurapkan. Otot-otot leher bayi 2 bulan sudah mulai mampu menahan kepalanya. Anda bisa menstimulasi kemampuan Si Kecil dengan melakukan tummy time 2 sampai 3 kali sehari.

4. Memasukkan Tangan ke Mulut

Kebiasaan memasukkan tangan ke mulut bukan kebiasaan buruk anak. Hal tersebut malah menjadi salah satu aspek perkembangan bayi 2 bulan. Selain itu, memasukkan tangan ke mulut menjadi cara untuk membuat diri merasa tenang dan nyaman.

5. Menggerakkan Tangan dan Kaki

Kemampuan bayi 2 bulan yang terakhir yaitu menggerakkan tangan dan kaki bersamaan. Namun biasanya gerakan lengan bayi masih acak dan tidak terkontrol. Bayi juga bisa menggerakkan jari tangan dan mulai membuka genggaman.

Hal yang Perlu Anda Waspadai Pada Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan

Bayi merupakan individu yang unik sehingga perkembangan bayi 2 bulan bisa berbeda-beda. Jadi jangan langsung merasa takut apabila bayi belum mencapai milestone. Pasalnya bisa jadi Si Kecil akan mencapainya sebentar lagi.

Meskipun begitu, ada beberapa kondisi yang perlu Anda waspadai pada bayi 2 bulan sampai 3 bulan. Berikut adalah kondisi yang membutuhkan penanganan dokter:

      Tidak memberikan reaksi apapun saat mendengar suara yang kencang

      Tidak mengikuti gerakan jari atau mainan secara horizontal

      Penglihatan bayi tidak bisa fokus pada benda bergerak

      Mata selalu terlihat searah

      Tidak memasukkan tangan ke mulut

      Berat badan tetap, sulit bertambah, atau berkurang secara drastis

      Tidak tersenyum saat diajak bercanda atau mengobrol

      Tidak dapat menegakkan kepalanya sendiri saat tengkurap

Penutup

Itulah pembahasan mengenai bayi 2 bulan bisa apa dan hal-hal yang wajib Anda waspadai. Selain memenuhi kebutuhan nutrisinya, Anda juga harus memilihkan popok yang nyaman untuk anak. MAKUKU SAP Diapers Pro Care hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Popok satu ini aman untuk bayi 2 bulan karena selembut sutra. Ketipisannya juga sangat baik hingga 0,8 denier. Beberapa kelebihan MAKUKU SAP Diapers Pro Care lain yaitu menggunakan lapisan inti SAP (Super Absorbent Polymer) yang anti ruam, bubble belt, dan tersedia ukuran lengkap. Ayo beli sekarang juga di toko favorit Anda!

Tidak ada komentar untuk "Waspada Keterlambatan, Pantau Bayi 2 Bulan Bisa Apa!"