Kenali Bayi 8 Bulan Bisa Apa dari Pola Makan & Motorik

 

perkembangan bayi 8 bulan

Bayi yang berusia 8 bulan sudah memiliki banyak sekali perubahan yang tergolong signifikan. Kenali bayi 8 bulan bisa apa saja di sini, karena kami akan menjelaskan berbagai perkembangan bayi 8 bulan sudah bisa apa bagi Anda yang ingin mengetahuinya.

Dengan mengenali si kecil sudah bisa melakukan apa saja, maka sedikitnya Anda bisa mengetahui tumbuh kembang si kecil secara optimal.

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Perkembangan bayi yang sudah berusia 8 bulan tergolong mudah sekali untuk Anda ketahui. Berikut ini ada beberapa perkembangan yang bisa Anda kenali langsung pada si kecil di usia 8 bulan.

1.  Pola Makan Anak

Pada saat si kecil berusia 8 bulan, bayi sudah bisa mengkonsumsi menu MPASI (Makanan Pelengkap ASI) dengan tekstur yang agak kasar dan finger food. Bayi juga bisa  diperkenalkan dengan variasi makanan lainnya.

Contoh makanan yang bisa dikonsumsi yaitu seperti buah, sayur hingga daging yang dihaluskan. Untuk ASI tetap dapat diberikan setiap hari atau susu formula.

2.  Kemampuan Motorik Anak

Banyak keahlian baru pada bayi 8 bulan. Sebagian besar bayi sudah mulai merangkak dan menjelajah di rumah. Akan tetapi, ada juga bayi yang mulai belajar berdiri dengan bantuan benda yang ada di sekitarnya.

Salah satu contohnya yaitu seperti memegang tembok, meja atau kursi. Bayi yang sudah berusia 8 bulan juga sudah bisa melempar benda, mengambil barang yang sangat kecil dan memasukkan benda ke mulutnya.

3. Perubahan Kemampuan Pola Tidur Si Kecil

Perubahan juga bisa terlihat dari pola tidur si kecil. Bayi yang sudah berusia 8 bulan sudah membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-15 jam per hari. Semakin bertambahnya usia si kecil, anak-anak akan mulai tidur dengan waktu yang lebih lama.

Salah satu contoh yang bisa Anda lihat langsung yaitu seperti jam tidur siang sekitar 20 menit sampai 1 jam. Maka dari itu, pastikan waktu tidur si kecil optimal ya, bun.

4. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Bagus

Bayi 8 bulan juga sudah memiliki kemampuan untuk memahami kata-kata. Selain itu, si kecil juga sudah mulai mampu bereaksi terhadap ucapan orang lain. Meskipun belum bisa berbicara, si kecil di usia ini juga sudah mulai aktif berkomunikasi dengan orang sekitar.

Dengan begitu, bunda sudah dapat mengajak si kecil berbicara dan berinteraksi sebagai dukungan untuk meningkatkan kemampuan bahasanya.

5. Memiliki Kemampuan Fisik yang Lebih Baik k

Ketika si kecil sudah melewati masa transisi di usia 7 bulan, maka selanjutnya si kecil bisa memulai transisi menuju kemandirian fisik. Perkembangan bayi di usia 8 bulan sebenarnya tidak mengalami perubahan fisik yang terlalu signifikan.

Si kecil yang sudah berusia 8 bulan akan lebih matang saat duduk, merangkak, hingga mengubah posisi tanpa bantuan.

6.  Perkembangan Kemampuan Emosi

Salah satu adanya perkembangan bayi 8 bulan adalah kemampuan mengenali emosi dan suasana hatinya sendiri dan orang lain.  Bahkan si kecil Sudah mulai belajar berempati dengan orang lain. Tidak heran jika si kecil ikut sedih saat melihat orang lain yang menunjukkan wajah sedih.

Kemampuan emosi anak berkembang cukup pesat sehingga mudah sekali untuk Anda kenali pada saat terjadi perubahan emosi.

Demikian informasi seputar apa saja perkembangan bayi 8 bulan bisa apa. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan kebutuhan si kecil di usia 8 bulan, seperti popok MAKUKU Dry Care yang punya banyak keunggulan. Popok ini memiliki karet pinggang elastis, bahan super lembut, 3 lapisan sirkulasi udara, dan harga yang terjangkau. 

Tidak ada komentar untuk "Kenali Bayi 8 Bulan Bisa Apa dari Pola Makan & Motorik"